Pages

Subscribe:

Info Beasiswa Terbaru

Scholarships Grants Loan - Scholarships, Grants & Student Loan Information

Rabu, 26 September 2012

PENGUBINAN DENGAN GEOGEBRA


Salah satu materi matematika SMA yang terasa abstrak adalah transformasi geometri. Hal ini dapat membuat siswa tidak tertarik untuk belajar. Oleh sebab itu, media komputer, dalam hal ini software geogebra diharapkan mampu untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran transformasi geometri, terlebih dengan cara menarik ini, siswa dapat melihat langsung hasil dari operasi transformasi geometri.

Pembelajaran transformasi di SMA meliputi empat cakupan yaitu: (1) Pergeseran (Translasi), (2) Pencerminan (Refleksi), (3) Perputaran (Rotasi) dan (4) Perkalian (Dilatasi).

Kesempatan ini saya gunakan untuk tutorial pengubinan transformasi geometri yaitu rotasi sudut dan translasi vektor melalui Geogebra.

1. Buat Polygon Segitiga dengan menggunakan tool “Regular Poligon”.
2. Berikan titik D, E di ruas AB dan titik F di dalam segitiga ABC .

 





 3. ROTASI POINT
Langkah ini bertujuan untuk membuat sebuah poligon baru:
a. Klik di “Rotate Object Around Point by Angle”. 
b. Klik di titik D dan B, kemudian keluar kotak dialog, ubah sudutnya 600, clockwise, OK
c. Maka ada titik baru yaitu D yang merupakan titik hasil rotasi titik D melalui titik B sebesar 600.
d. Lakukan juga untuk titik F dan titik E dengan cara yang sama, sehingga menghasilkan F’ dan E’.
e. Sembunyikan (hide) objek segitiga sehingga hanya memperlihatkan titik-titik berikut: 
f. Buatlah objek polygon yang baru dengan tool polygon seperti gambar di bawah:
NB: Kita harus ingat bahwa point A dan B sebagai point utama yang dapat digunakan untuk memperbesar dan memperkecil objek

4. ROTASI OBJEK

a. Kita akan menjadikan B sebagai titik pusat rotasi 
b. Sama halnya untuk rotasi point, untuk rotasi objek, klik di  “Rotate Object Around Point by Angle”.
c. Klik di objek polygon dan titik B, ubah sudutnya 600, clock wise. 
d. muncul Polygon baru sebagai hasil rotasi Polygon A-F’ sebesar 600 .
e. Lakukan rotasi untuk setiap polygon baru di titik B dengan prosedur yang sama.
 f. Sembunyikan object dan label pada setiap titik (Kecuali point A dan B, sembunyikan labelnya saja, karena kedua point adalah poin utama) dan berikan pewarnaan pada masing-masing polygon dengan opacity 50.
5. MEMBUAT VEKTOR
a. Klik di Midpoint atau center.
b. Klik di polygon pink dan polygon brown, sehingga menghasilkan titik P dan Q.
c. Kemudian klik di “Vektor between Two Point”, lalu hubungkankan mulai dari P ke Q, sehingga garis yang tercipta disebut vektor PQ.
 

  6. TRANSLASI OBJEK MELALUI VEKTOR
a. Klik pada “Translate Object by Vector” .
b. Untuk setiap objek akan kita translasikan, klik setiap objek kemudian klik garis vektor PQ, sehingga menghasilkan gambar.
c. Untuk menambah ke bawah, buat vektor baru, melalui mid point, kita buat titik pada garis polygon hijau ke kuning dan dilanjutkan dengan menarik garis vektor  F1G1.d. Translasikan setiap objek I ke vektor F1G1.
e. Translasikan setiap objek II ke vektor F1G1
f. Translasikan setiap objek IV ke vektor PQ
7. Untuk mempercatik pengubinan, sembunyikan (hide) object vektor.
8. Hide juga setiap object point pada ubin, sehingga menghasilkan gambar akhir.







Menarik bukan ?. Selamat mencoba berkreasi bersama siswa
 
 

 



0 komentar:

Poskan Komentar